Cara Menggunakan Twitter

Cara Menggunakan Twitter - Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jejaring sosial yang populer di negara kita yakni twitter, memang secara umum penggunaan twitter sedikit lebih sulit dibandingkan dengan pesaingnya facebook, tetapi hal ini tidak mengurangi niatan bagi para netter  untuk menggunakanya, apalagi sekarang semakin banyaknya aplikasi-aplikasi yang memudahkan untuk menggunakan twitter itu sendiri.

Twitter tidah jauh berbeda dengan facebook, keduanya sama-sama sebuah situs jejaring sosial. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun kali ini kita tidak membahas tentang hal tersebut. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan twitter untuk pemula yang belum paham betul bagaimana menggunakan twitter.


Mengenal bagian-bagian pada twitter:


Diatas adalah gambar bagaimana cara menggunakan twitter atau cara main twitter.


1. Tempat untuk menulis Tweets (update status twitter).

2. Merupakan navigasi Twitter yang berguna sebagai tools untuk masuk ke halamanHome, Profil,Find People (cari teman), Setting (edit profil dsb), Help (bantuan), Sign Out(Keluar dari Twitter).

3. Merupakan waktu dalam penulisan Tweets terakhir.

4. Tombol Updates berfungsi untuk memperbarui Tweets anda, ketikkan apa saja dalam kolom no.1 (seperti gambar diatas) lalu klik tombol Updates, setelah itu Tweets anda akan diperbarui.

5. Update Tweets dari Followers anda berdasarkan waktu.Semakin teratas posisi Tweets, berarti dialah yang peling terbaru dalam mengupdate Tweets-nya.

6. Nama ID Twitter yang anda gunakan. ID Tweets ini berguna sebagai identitas anda dalam dunia Twitter.

7. Merupakan keterangan dari jumlah following,followers, dan updates. Following merupakan pengguna Twitter yang telah anda Follow(minta menjadi teman) baik yang sudah merespons atau belum. Sedangkan Followers adalah pengguna Twitter yang meminta anda menjadi temannya dan sudah anda jadikan teman.

8. @Markona : Jika anda ingin mengirimkan sebuah Tweets untuk saya.
Direct Massage : sebagai tempat untuk mengetahui adanya pesan masuk di inbox kita.
Favorites : Tempat untuk melihat Tweets yang sudah anda tandai sebagai Tweets favorit.

9. Kotak Search berguna untuk mencari topik-topik Tweets yang anda inginkan.

10. Trending Topics Merupakan topik Tweets yang sedang Popular saat ini.Jadi topik akan selalu berubah-ubah.


Memahami dan Mengenal Istilah-istilah dalam Twitter:
Disini anda harus mengetahu atau mungkin mempelajari istilah-istilah dasar yang biasa digunakan oleh pengguna twitter. Lihat berikut ini istilah-istilah dasar atau umum.

Follower : dalam bahasa indonesia adalah pengikut yaitu orang yang mengikuti / follow kita, para followers ini yang nantinya akan melihat semua aktifitas, tulisan atau status anda.

Following : dalam bahasa Indonesia adalah mengikuti, artinya siapa saja orang yang anda ikuti. Jika Anda mengikuti atau mem-follow akun twitter seseorang, maka anda-pun akan mengetahui aktivitas dari mereka (seperti status dan sebagainya).

Reply : dalam bahasa indonesia artinya balas. Jika Anda ingin membalas atau merespon tweet orang yang anda ikuti, cukup klik ‘Reply’ dan tuliskan pesan balasan anda.

ReTweet : bahasa kerenya disingkat RT. RT sendiri dimaksudkan menjadikan tweet seseorang yang anda ikuti untuk masuk menjadi Tweet anda. Biasanya orang melakukan RT ini berpendapat bahwa Tweet orang tersebut bermanfaat/ penting/ keren / dan ingin membaginya dengan followernya.

@ : istilah ini disebut Mention dan biasanya diawali tanda @ yang berfungsi untuk menyebut pengguna twitter tertentu yang merupakan follower anda. Saya contohkan anda ingin memanggil salah satu followers anda. @Dinda hey kamu lagi ngapain?. Nah otomatis si dinda akan mengetahui bahwa anda menyapa dia, dan dia akan membalas sebutan anda.

# : istilah Hastag dengan simbol # seperti yang sudah kita bahas di atas, yaitu untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama.

Direct Message / DM : berfungsi untuk mengirim pesan secara pribadi via inbox ke pengguna twitter lain. DM ini bersifat privasi atau pribadi jadi yang mengetahui hanya pengirim dan yang dikirimi saja.

Trending Topic : istilah ini merupakan istilah pada topik yang sedang ramai dibahas di Twitter, bisa secara global di dunia atau di negara sendiri, tergantung pengaturan anda untuk menampilkan trending topik global atau regional.

Favorites : fitur menyimpan tweet siapa saja agar tidak hilang dan dapat anda lihat sewaktu-waktu.

Connect : istilah merupakan fitur baru Twitter Connect yang berfungsi untuk mengetahui segala aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.

Discover : merupakan fitur untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi topic hangat atau yang menjadi trending topic, baik bersekala internasional maupun regional semisal di Indonesia saja.

Embed tweet on your websites : Fitur sangat juga bermanfaat untuk yang aktif blogging. Fungsinya untuk memasukan foto dan video yang berasal dari Twitter ke website atau blog dengan script dari Twitter, tidak jauh berbeda seperti memasukan video Youtube ke website / blog.
Tips Aman Menggunakan Twitter:
  • Kicauan yang mengandung alamat email (surel), alamat rumah, dan nomor telepon pihak lain tanpa seizin si pemilik. Terlebih lagi, mengicaukan nomor kartu kredit atau rekening pihak lain, akan langsung membuat kita di-suspend.
  • Kicauan yang mengandung ancaman, baik langsung maupun tidak langsung. Bisa saja membuat kita tidak ditendang, namun jika ada pihak yang keberatan dan melaporkannya ke administrator twitter, maka dalam tempo tak lama akun kita akan di-suspend.
  • Kicauan p*rno, mulai dari teks atau foto, juga dapat membuat akun kita di-suspend, berdasar laporan dari pihak lain, atau pihak twitter sendiri yang memergokinya.
  • Jumlah yang diikuti (following) harus sebanding dengan jumlah pengikut (follower). Untuk bisa mem-follow lebih dari 2.000 akun, kita harus menambah jumlah follower dulu. Sebab, ditakutkan kita adalah akun penyebar spam.